Apa Tujuan Hidup Anda ?

Sharing 9 November 2011 | 22 Comments

Hidup ini singkat, dalam sekedip mata tak terasa kita sudah seumur sekarang ini – Masa lalu seperti bayangan belaka – cepat sekali berlalu

Apakah bila kita berkedip lagi tak terasa 10, 20 , 30 tahun akan lewat lagi ?

Oh tentu tidak pikir kita… 10 , 20 taon kan lama ? tapi nanti pasti terasa seperti itu lagi.. waktu berjalan sangat cepat… bila anda sudah berumur 20, 30, 40 ke atas pasti mengerti yg saya bicarakan

Tak terasa waktu akan memakan kita, semuanya akan hanya tinggal kenangan, dan akan kita tinggalkan – Keluarga, istri, pacar, anak, teman, dan segala yg kita ” Miliki ” di dunia ini, rumah , mobil, uang, harta benda, bahkan pencapaian – pencapaian kita yg terlihat gemilang di masa hidup kita.

Misalnya anda pernah menjadi atlit olahraga yg terhebat di negara anda, bahkan di dunia, tentu saja dunia akan mencatat rekor anda… tapi apa orang peduli siapa anda 50 taon kemudian ? 100 tahun kemudian ?

Jadi orang terkaya di negara anda, bahkan di dunia, apakah dunia akan ingat anda 100 tahun kemudian ? Setiap orang Sibuk dengan hidupnya, orang tidak peduli siapa yg paling kaya, paling ngetop, paling ini, paling itu, orang sibuk dengan masalah2 yg di hadapi di depannya, kesehatan, mental / emosi, tidak sempat atau mau lagi mengurusi orang lain

Sekarang saya ingin bertanya … Siapa orang yg paling terkaya 150 tahun lalu ? Apakah anda tau ? 200 taon ? 300 , 400 , 700 ?

Yg paling cantik, yg paling ganteng, yg paling lengkap hidupnya seumur standard jaman itu ?

Sudah tidak ketahuan lagi, dan meskipun tahu, apa URUSANNYA dengan kehidupan kita sekarang, IYA ENGGA ?

— Hal ini meng-inginkan saya untuk mengingatkan kepada kita semua – Apa Tujuan Hidup yg Sebenarnya ?

 

Bila semua yg kita kejar, kuasai tidak akan kita bawa ke dunia akhirat, jadi apa yg harus kita lakukan ? Apa yg permanen yg bisa kita bawa ? Sebenarnya hidup ini UNTUK APA ? Ngapain sih gua ada di dunia ini ? Apa tujuannya Tuhan menaruh aku di dunia ini ? Kadang2 apakah anda terpikir seperti itu ?

Semuanya yg di dunia ini adalah hanya bersifat SEMENTARA

Menurut saya , lebih baik anda gunakan hidup anda ,  waktu anda yg terbatas ini – maximal 100 tahun – untuk hal yg benar2 membuat anda Bahagia dan tidak pudar oleh waktu , seperti hubungan anda ke Tuhan YME , kepribadian anda, kepribadian orang lain yg anda rubah menjadi lebih baik, kebijaksanaan yg anda share ke orang lain, cara berpikir yg positive, cara menghadapi hidup, kebahagiaan2 yg anda share setiap harinya, kasih anda terhadap sesama & diri sendiri, contoh positif dari pribadi anda – seperti memaafkan orang lain yg bersalah kepada anda, tidak mudah marah, emosional, jujur, bertanggung jawab, mau menolong orang lain, sifat2 positif yg BILA orang lain melihat – WAH SAYA JUGA PENGEN SEPERTI DIA

Semua hal2 ini, akan kita bawa selamanya – Tidak AKAN ada orang lain yg bisa merubah kepribadian positif yg anda punya, tidak ada yg bisa merampas nya juga, juga tidak akan LENYAP OLEH WAKTU

DAN HAL2 TERSEBUT JUGA MEMBUAT KITA BAHAGIA !!

Coba anda Pikir Sifat sifat Negative / Jelek lah yg membuat kita menderita / sengsara dalam hidup :

Bohong – Bawa bencana suatu hari

Tidak Jujur – Akan Di kucilkan masyarakat + mempunyai banyak musuh

Berpikir Negatif terus – Akan Menyengsarakan Hidup Sendiri

Egois – Tidak ada yg mau menolong anda di saat anda butuh

Tidak mau Memaafkan – Sengsara se-umur HIDUP & Di makan oleh rasa benci , tersiksa

Sombong – Tidak ada teman, tidak punya teman sejati

Selingkuh – Menghancurkan keluarga sendiri , teman, masyarakat

Dan Lain Lain … Anda mengerti maksud saya ..

SEGALA YG BERSIFAT NEGATIF AKAN MEMBAWA PENDERITAAN , KESEDIHAN, MALAPETAKA KEPADA DIRI ANDA SENDIRI

Sebalik nya – Segala sesuatu yg di mulai dari sisi positif, pasti akan membuahkan hasil yg positif juga… tanam padi , hasilnya pasti padi, bukan jagung. Bila mengharapkan hal2 Positif terjadi kepada hidup kita, silahkan tanam / lakukan hal2 positif itu terhadap diri sendiri & sesama, yg kelak akan berbuah hal hal yg Mem-Bahagiakan Anda :)

————— Rasanya Ini lah Inti Dari Kebahagiaan : ——————-

Lakukan hal2 yg membawa efek Positif ke sesama, bahagiakan lah mereka, dan ketika anda melakukan itu pastilah anda sendiri jg yg bahagia sendiri jadinya hehehe… sungguh senang melihat orang lain berbahagia, KASIH ITU INDAH

Hanya dengan Mengasihi & Di Kasihi Lah Kita Benar2 Bisa BerBahagia Selama Lama-nya

Jadikan lah ini Karakter Anda, maka Anda akan Ber-Bahagia Seumur Hidup Anda & Bahkan Saat Anda Sudah Tidak Memakai Tubuh Fisik Pun :)

P.S Bila Anda MALAM INI 100% PASTI MATI, Apa yg Anda Bawa ? – Cara ini dapat mematikan otak / ego anda, dan membuat anda mencari yg kekal dalam hidup

22 Responses on “Apa Tujuan Hidup Anda ?”

  1. deden says:

    thankz taz nasehatx..
    mudah2n mcih brguna bgi org lain……..

  2. Rudy says:

    sama2 mas Deden :)

  3. Shinta says:

    Amen Amen Amen Grandpa. Ngomong2 penulisnya udah berumur 80 tahun ke atas ya? Kok kebijaksanaannya bisa setinggi gitu ya? So conclusionnya, yang kekal itu apa ya? Hati nurani? :) Jadi yang harus dilakukan dalam hidup ini apa ya kakek? Berbuat baik selalu, berkata2 baik, berpikiran baik, semua selalu demi kebahagian semua makhluk? Apakah cukup dengan begitu? Atau ada hal lain yang harus kita lakukan? Thanks Kakek.

    • Rudy says:

      Ehhhh sialan loe Shin wkwkwkwkwk , HN kekal :) , roh kekal, sifat2 baik kita kekal, banyak kok yg kekal :)

      Kebahagiaan yg sejati yg hanya berasal dari HN… karena hanya dari yg kekal bisa menyimpan yg kekal, merasakan yg kekal, Make Sense ?

      rudy

      • Rico says:

        darimana anda menyimpulkan Hati Nurani adalah kekal?
        atas dasar apa anda menentukan ada roh yang kekal?
        sifat2 baik adalah kekal?

        boleh share tulisan anda yang lainnya yang membahas hal-hal kekal diatas?
        saya tertarik dengan sudut pandang anda pada konsep kekal ini.

        thk’s

        • Rudy says:

          Rico, sebenernya di tiap2 kitab suci ada menyebut tentang hati, di islam, katolik, buddha, dll. Tp berhubung ini blog bukan tentang agama, saya stop disini saja :)

          Intinya ada kehidupan setelah fisik kita mati, bisa tidak percaya, kenapa ada hantu ? … sebagian org bisa jelas2 melihat kehidupan non fisik ini :)

          saya stop dsini ya , thanks

          • Rico says:

            Rudy yang baik,

            ketika anda menyinggung roh kekal, hati nurani kekal, sifat2 baik yang kekal secara tidak langsung anda telah memasuki zona spiritual keagamaan. anda telah menyampaikan sudut pandang agama tertentu atau beberapa agama pada penekanan roh dan hati nurani yang kekal. apa lagi kehidupan setelah fisik saat ini mati tentu kaitannya tidak jauh dari sudut pandang agama. lalu bagaimana anda bisa berkata ini bukan tentang agama?

            maka saya bertanya dari sudut pandang seperti apakah anda menulis ini. apa ini hanya opini pribadi anda yang berdasarkan pengalaman-pengalaman spiritual anda? atau bagaimana?

            thk’s

  4. Shinta says:

    Ooops…sorry baru baca “about me”….so…ternyata blog ini dengan tujuan membawa kabar gembira ohhhhhhhhhhhhhhhhhhh begitu. Thanks ya… sudah membagi kebahagian. I do feel happy when I read your blog. THANK YOU. It reminds me to be grateful with what I have and to be thankful for all the blessings… Yes, agree. life is beautiful too beautiful to be expressed with words only the heart can spell it correctly.

    • Rudy says:

      Thank you it meant a lot for me :) , i ve always wanted to be a writer but afraid and always delaying it… this is small steps toward becoming one :)

  5. Rico says:

    pada artikel anda ada tulisan ini:

    Apa tujuannya Tuhan menaruh aku di dunia ini ?

    maksudnya apa ya? Tuhan menaruh aku di dunia ini? saya tidak bisa menebak inti tulisan anda pada point ini. apakah anda bermaksud mengatakan bahwa tuhan menaruh kita di dunia dengan segala rencananya yang telah dibuat bagi saya dan anda.

    • Rudy says:

      @Rico , Kita di kasih ” Free Will ” untuk menentukan apa yg kita mau lakukan di hidup ini :) , kalo sudah di tentukan tentu kita ” SUDAH DI PAKSA ” melakukan apapun itu ….

      karena Tuhan YME Maha Kuasa, tentu kalo maksa kita tidak bisa apa2 / melawan :)

      • Rico says:

        konsep penciptaan manusia oleh suatu adi kuasa yang ilahiah tentu berarti bahwa manusia adalah milik sang adi kuasa sepenuhnya. sang adi kuasa atau kita pakai bahasa anda Tuhan YME berhak sepenuhnya atas ciptaannya, kalau bahasa gaulnya Tuhan YME bisa berkata “suka-suka gw dong”

        ketika anda bilang kita manusia diberi free will tentu free will disini ada batasannya. karena Tuhan YME bisa berencana lain, tergantung pada “suka-suka gw dong”

        ketika manusia menempuh suatu jalan untuk kemajuannya pribadi, atas segala usahanya untuk mewujudkan keinginan dan tujuan hidupnya. Tuhan YME bisa saja menentukan lain bukan? karena ingat manusia adalah miliknya. jadi apa guna segala usaha manusia jika ada kuasa ilahiah yang bisa menentukan dan berencana pada kehidupan manusia?

        menurut saya, manusia adalah miliknya sendiri. manusia menentukan hidupnya sendiri, berduka atas perbuatannya berbahagia atas perbuatannya, gagal atas perbuatannya dan juga sukses atas usahanya sendiri.
        ketika seorang manusia mencapai puncak karirnya, tentu merupakan usaha kerasnya sendiri.
        ketika seorang manusia gagal mencapai cita-citanya, juga tentu saja merupakan kegagalan daya upayanya.
        moralitas, spiritualitas dan kemuliaan seorang manusia juga atas perwujudan dari pembinaan dirinya sendiri.
        inilah yang menentukan dan atau sebagai tolak ukur kualitas seorang manusia.
        jika ada campur tangan dari sang adi kuasa (Tuhan YME) lalu kualitas seorang manusia ditentukan oleh apa?

        anda berkata “karena Tuhan YME Maha Kuasa, tentu kalo maksa kita tidak bisa apa2 / melawan”
        saya hanya bisa berkata jika begitu sesungguhnya manusia hanyalah boneka yang menyedihkan.

        • Rudy says:

          Justru itu, kan ampe skrg anda 100% memegang kendali atas hidup anda bukan ? maksud saya, tidak ada memaksa anda melakukan sesuatu. ini Free Will

          • Rico says:

            Dear Rudy,

            anda menulis :

            “Justru itu, kan ampe skrg anda 100% memegang kendali atas hidup anda bukan ? maksud saya, tidak ada memaksa anda melakukan sesuatu. ini Free Will”

            namun pada tulisan anda sebelumnya, anda menulis seperti ini :

            “karena Tuhan YME Maha Kuasa, tentu kalo maksa kita tidak bisa apa2 / melawan”

            nah ini telah menggugurkan kata2 anda sendiri bahwa 100% arah hidup kita adalah dibawah kendali kita. karena suatu waktu Tuhan YME akan ikut campur dalam hidup kita sebagai manusia. seperti yang saya bilang sang adi kuasa bisa saja berkata “suka-suka gw dong” dan TUUUIIINNNGG!!! hidup manusia akan dikendalikan sebagian, 2 bagian, tiga bagian, atau lebih oleh sang adi kuasa.
            hmmm…
            dimana 100% nya?

  6. Rika says:

    Rudy, I can see that you are much wiser now. I feel glad for you :) Posting ini bikin sadar ya rud, kalo ga ada yang abadi. Saya pernah baca satu cerita tentang anak seorang yang sangat kaya raya di Semarang di awal 1900an, dan begitu banyak lika liku hidupnya sampe menjadi orang yang jauh dari kaya raya. Judul bukunya : No feast lasts forever.
    Hopefully with this post, you can make other people realize how short this life is so we can live our life to the fullest from now on :)

  7. Morz says:

    Weew kooq jd malah ributin tntg free will ya…Tidak bermaksud untuk ngompor2in or nambah minyak.. Tapi untuk sdr Rico untuk dapat membaca kata2 yang tertulis lebih teliti…
    “karena Tuhan YME Maha Kuasa, tentu kalo maksa kita tidak bisa apa2 / melawan. Point disini adalah “TENTU KALO..” Sedangkan kita sadar yang menjalankan hidup kita adalah diri sendiri.. Mank kl kita mau bunuh diri, bunuh orang, or doing whatever Tuhan ada melarang or berkata silahkan??

    Saya sadar Sdr Rico juga memahami konsep ini dikarenakan tulisan saudara mengenai “manusia adalah miliknya sendiri”. Website ini dibuat oleh Sdr Rudi untuk share Hal2 yg membahagiakan dan dapat memberi manfaat untuk kita. Soo.. Janganlah dijadikan tempat untuk adu penggunaan bahasa… Disini saya bukanlah hendak membela siapa2. Hanya sebatas pembaca yang hendak mencari kebahagiaan melalui manfaat yang ditawarkan oleh penulis.. Keep positive and everything will look better

    Salam Damai n Be Happy :D

  8. Rico says:

    Morz dan Rudy yang baik,

    ok deh… saya mengerti. dan minta maaf jika komentar saya seolah menyerang bro Rudy, sebenarnya saya cuman ingin berdiskusi dan ingin mendengarkan opini bro Rudy. sebenarnya saya ingin melanjutkannya tapi kuatir jadinya mengarah flame. hmmm…

    so, kapan update artikel selanjutnya?
    boleh usul?
    bagaimana kalau bro Rudy menyampaikan atau menulis artikel yang tentu saja berkaitan dengan hidup bahagia? misal kualitas mental apa yang perlu dibangun untuk hidup lebih bahagia.

    thk’s

  9. blacquejacque says:

    rekan hadi, saya punya usulan. Mudah2an usul ini dapat membantu tercapainya cita2 jadi writer :p hehehe

    bagaimana bila dalam setiap artikel yang dituliskan, ditambahkan minimal 1, satu kisah nyata yang berkaitan dengan tema artikel tersebut.

    Setiap orang kan mempunyai daya penangkapan yang berbeda, barangkali bila ditambahkan dengan kisah yang mudah dipahami, akan dapat lebih membantu penangkapan maksud yang ingin disampaikan oleh rekan Hadi..

    Hehehe.. .Good Luck… Ditunggu artikel ketiga :p

  10. Darwin says:

    Dear Rudy,
    Good post bro!

  11. coeda says:

    @rico.
    hidup itu pilihan. tetapi kekekalan disediakan Tuhan YME bagi manusia.
    dan petunjuk sudah diberikan mengenai yang tidak kekal atau yang kekal dan jalanNya.
    dan itu pilihan anda bro rico jika anda memilih melekat kepada yang tidak kekal.
    dan yang lain mencari kekekalan.

Leave a Reply